Sabtu, Agustus 09, 2008

Ekonomi oh ekonomi....

”Uwah… Finally....",
Alhamdulillah setelah menyusup kanan-kiri, sikut sana-sini untung gak ampe benjol dah pala gue nyang tinggal atu atu nya neh...(busyet dah...emang dari dulu pala Lo cuma atu khan ki???hihihi...).. Jalan sempit di antara 2 bangku yang terpisah hanya beberapa jengkal saja.. semua penumpang pengen cepet sampe di bangkunya masing-masing.

“Huff..” Sambil menghela nafaas panjang, seolah beban yang begitu berat pun terbebaskan dari punuk (kayak onta gitu dech,hehehe…^^).

Gue naek kereta ekonomi, kalo’ yang parno siy....baru ngedengar namanya aja udah seyem banjetz…padahal gak seperti yang dibayangkan lho!! Ekonomi, hanya namanya saja..bentuk, bunyi and cara jalannya masih still d'same, besi panjang kali lebar tyus bunyi “gujes gujes” dan gak kalah seru jalannya perlu mikir, hmmm…20km/jam, mungkin?? Tapi menurut laporan terbaru dari temen gue nyang namanya 'dunk dunk', ne kereta emang selelet leletnya umat....dy ampe bisa ngerokok dua batang ma sohibnya nunggu kereta neh nangkring di hutan yang gak jelas asal usulnya apalgi bentuknya...malam pulak...widih..bulu ketek ampe bisa disko...saking ngerinya neh hutan..tapi nyang namanya panda china..Mr.Poo (hehehehe...ayem sori yah Mr.Poo..) kagak takut ma hutan...apalgi ma om poconk...

Isinya pun kagak jauh beda ama bisnis juga eksekutif, ada manusia yang berjejer dengan tas bawaan yang banyak, gak Cuma atu tapi bisa tiga empat atw sekedar oleh-oleh untuk sanak saudara di seberang sono...padaal belon tentu tuch oleh oleh bener bener buat nyang di sono..paling paling kalo' lupa yach di pake sendiri...(hihihi...kayak temen gue..pelupanya itu bisa bikin gila...buat orang di pake dewek...).

Hmm,...mungkin bedanya di sini manusia bertumpuk kayak ikan dipasar...yang bakal dijual pedagang ikan kayak di pantai depok... selain ntuh tu segala macam pedang keliling juga ikut andil dalam pemberian suara bising yang memenuhi seantero kerete..^^,"

Suasananya pun gak bisa dibeli dengan setumpuk kertas bermerk $ (red.baca dollar), milyaran daun atw sekedar gesek cresit card.. Rame bener dah..pasar ikan atw ramayana departemen store aja kalah rame'... wajahnya juga macem-macem tak iye..(logat madura juga okeh..) ada di sini, ada yang kelelahan karna seharian bekerja cus musti pergi ke tempat saudara dengan dempet-dempetan plus bau bau aroma got or selokan depan rumah....(hmmm..uenak tuenanan...)
Ada jua yang riang karna baru pertama kali naek ekonomi, hwakakakak..(kalo yang ini derita penulis…), gak mau kalah...yang ketawa terbahak-bahak seolah mereka ada di tempat arisan, mendengar mereka dari balik bangku panjang ini, imaji gue langsung membentuk wajah ibu and tante-tante gue..Kalo’ mereka sudah kumpul gue and se-genk anak beranak sodara gue gak bakal bisa membendung jiwa nge-gosip mereka, mulai dari obrolin harga susu bayi mungkin bisa sampe harga pasaran minyak dunia atw sekedar gossip selebritis yang baru-baru ini hot...kayak perceraian maia ma ahmad yang tak kunjung over..

eh, ntar dulu...didepan kaki gue...ada seorang bapak ama anak yang menggelar Koran di tengah jalan sempit itu, jalan yang berjarak sangat kecil, bisa dihitung dengan panjang tanganatw penggaris ukuran cm..melihatnya kasihan sekali, tapi mw gimane lagee..bapaknya aje dah gak peduli dengan bocah kecil sudah tak berdaya itu...gak berdaya karna kantuk yang menyerang seenaknya tanpa permisi dulu kayak pembokat ma majikannya gituh..

Yang bikin gue kaget setengah idup.................. istrinya dibiarin tidur dibawah kursi panjang di depan gue..................didepan mata gue................masuk kolong bangku br0.....

Weleh..weleh...

Lagi asyik-asyiknya gue memantau keadaan... dari seberang kiri..(eits..keataUan neeehh..) ada sepasang mata yang asik ngamatin gue...wah kagak bisa dibiarkan ini...masa die liat gratis...(Woy, bayar mas...!!!! Akh, parah neee....), sadar gitu gue balik liatin tuch mahluk.....Eh, die mandang gue dengan senyum ngembang kayak permen gulali....senyum itu dibalik wajah manisnya (gak tw dink, manis atw gak secara gak pernah gue jilatin,hehheehe…). Tw dech....ngapa gue gak bisa senyum ma die (red.baca diye), abishh…gue lagi pengen serius mengamati keadaan sekitar yang terbilang seru karna jarang hampir tidak pernah gue bergulat dengan bisnis per-keretaan and seluk beluk didalamnya..

...........................................

Huuamph..kantuk kini menyerang gue, gak bilang bilang dulu, padahal lagi seru serunya ngutak ngatik tombol yang sudah gue hafal, bahkan di balik tas cangklong yang sedang gue pangku ini..tangan gue begitu aktif bergerak bergulir diantara tombol yang tersusun dengan jumlah yang tak sedikit, ada 12 tombol bersusun 3-3, sambil memutar kepala and mata ke segala arah kabin 3-2 ini.. Mata sudah mulai redup bak lampu 3 watt yang hampir putus, sebentar sebentar mat ague tutup-buka kayak tidur kucing nge-trennya,apalagi angin malam yang numpang lewat dari jendela sempit ditiap jalur bangku..membisikkan sepoi-sepoi di deretan bulu mata gue seolah meninabobokkan..Hmmmm….

----Met Bobok deh ye.....----

Tidak ada komentar: