Jumat, Agustus 22, 2008

Isue isue butut yang kedua",

"denger..denger..kalo’ Jogja bakal tenggelam...

Tsunami bakal dateng beneran..bukan Cuma gossip kayak dulu..pas gempa dengan 5,7 skala richter..

Wah, jadi kebayang..dulu 27 Mei 2006..dua ta0n silam..
Lagi asik asiknya gue molor di ranjang empuk dengan kasur busa tebal di selimuti bedah cover tebal, tiba tiba kenikmatan itu lenyap sesaat...ranjang gue goyang goyang ke kanan dan ke kiri...barang barang diatas lemari...buku buku berjatuhan dari rak gantung...sampe printer magic atu atunya di dunia kost gue itu pun terjun sempurna dari atas lemari pakaian yang menganga tanpa 2 pintu...

”Gubrak,.... Glotak,.... Blash...” bunyi bergema bersahutan... disusul teriakan dari luar kamar...

kalo’ lo mau tw...gue masih di atas ranjang..pake celana pendek kaos butut setengah plus iler yang masih menggantung dengan indahnya di sudut mulut juga belek yang membabi buta...eh maksud gue buat buta..secara gue masih belum sadarkan diri..di tengah bencana gempa yang melanda kota aman ini...gue siy bukan karna bl00n sesaat atw kena anemia menahun sehingga gue masih stey cun di atas ranjang..di dalam kamar abish bongkar paksa..di lantai dua kosan segede-gedenya umat ini...

Kalem buk..nyantai bangets..gue gak mau grasah grusuh...musti telaten gue ngadepin ini..sembari mikir, gimana cara gue lewat yak?? Kamar gue yang baru semalem gue kasih award kebersihan ini berubah jadi kapal pecah plus pecahan beling dari gelas, piring ma bingkai foto...mana jaket gue di ujung pintu lagi...kok gak berenti juga yah ne gempa..

mulai dech mulut komat kamit... di ilhami dukun santet di pelem jelankung...doa doa panjang gue panjatkan pada Tuhan,, agar gempanya diberhentiin bentar...bentar aja...tyus gue bisa kabur keluar kamar turun ke lantai satu ke tengah lapang ngumpul ma 51 anak kos yang laen..untungnya, dompet and hape masih nangkring di tas cangklong gue...gempa itu mulai reda, kaki seribu gue jalani dengan mantabh...tangan kanan narik jaket..yang kiri buka pintu and mulut penuh tas cangklong butut..

Muka muka cemas, takut, khawatir sampe pucat pias gue temuin di s0n0..di tengah lapang kostan tempat parkiran motor and mobil...tangan mereka sibuk memutar nomer henpon emak babe di berbagai kota di Indonesia...mereka sudah berkicau, berkeluh sampe ada yang ngibrit naek motor honda, yamaha juga suzuki ke luar kost..ada juga yang di samperin pacarnya...Beh, romantis nian abank kita..masih inget sama adinda...
gue?? boro-boro...

Mending gue bersemedi aja dah di depan kantin kost...sekalian nikmatin mie rebus plus es teh maniest..eits, bukannya gue gila yah..tapi, itu juga gue lakuin karna gempa susulan dah reda dan gue di tinggal seorang diri bertemankan sejumput anak anak yang rela mati di kostan daripada kabur ke jalanan yang gak ada juntrungannya..gak ada sedetik, mie gue seruput...ada isue...bakal Tsunami...kontan gue geleng geleng...ini mah gak bisa di biarin...gue gratak tas..grepek grepek dikit nyari henpon gue...

”Bego..bego...gue khan baru aja jual GSM gue...baru aja kemarin malam..tepatnya jam 9 malam gue nukerin uang juga seperangkat box gue bayar tunai...”maki gue gak berenti..

pantesan aja emak ma babe kagak nelpon...pantesan aja henpon gue d0ank yang kagak bunyi di antara hiruk pikuk sound of Jogja...
yang ini siy slogonnya Geronimo...hihihii.., tapi bermaksud ganda buat gue...artinya suara tereakan, kerusuhan ampe bunyi henpon yang bernyanyi digabung gabung dah..
ngerti ora son??
Hmm...
bagus....

Mr. Gito, penjaga setia kost biru ini menyarankan kita ke gedung paling tinggi biar gak kena Tsunami..sedangkan paling tinggi di sini, po0n kelapa, po0n bambu depan kosan ama kampus tercinta gue...yang mana dunk...?? kalo’ ke p00n kelapa...gue gak bisa manjat..kalo’ ke p00n bambu...kagak cukup buat kita ber-....(berapa yak?? Gue lupi..),
belum full kita naek, tu bambu pasti dah bengkok kanan and kiri...kalo’ ke kampus..gue gak pake jilbab..masih pake baju tidur seadanya...juga iler kali belek...sama dengan gile aja lu...bisa turun pasaran gue..hahahaha...

Urung niat kemanapun...gue Cuma inget kata yokap, kalo’ ada apa apa gue musti tenang, kalem, doa ma Tuhan and jangan percaya sama yang belum pasti..khan baru kata orang...tapi, kalo’ gue diem aja, paling paling mati konyol...akh,...kagak tw dah, yang pasti gue males kemana mana...nongkrong aja dah di kostan sambil nuggu berita terbaru...oia, sinyal yang diharapkan tak kunjung timbul..jaringan seantero Jogja sibuk..tak ada yang bisa menghubungi orang tua di kala susah begini..pasti kalang kabut juga yah bonyok gue..smoga bonyok berfikir positif and gak ngebayangin hal hal aneh..
"amin" batin gue...

Kita yang tinggal sejumput, duduk duduk di tengah teriknya mentari pagi, sambil nge-teh, juga melampiaskan cerita mereka yang beda beda..ada yang bilang duluan turun...duluan ngerasa..lagi di kamar mandi..lagi nelpon nyokap..lagi ngupil..atw lagi asik asiknya smsan ma bokinnya..gue siy standar aja...senyum kecil gaya robot gebleg..kepala gue dongakin ke atas...ngeliat langit, biru kok..cerah..gak ada tanda tanda bakal gempa bercampur Tsunami...Matahari masih mau bagi sinarnya ma kita...bahkan udara masih seger..gak berenti sedetikpun...”Oh..Thanks God”..

Jam 10, temen-temen gue yang asik di Jalan, balik ke kost dengan wajah berganti..mulai mengabarkan ingin pulang..ada yang dah mesen tiket kereta, pesawat ampe travel..giling..emang masih bisa yah?? Buka gitu?? Wah, kalo’ yang ini sumpah, gak tau menau gue..kondisi Jogja di beritakan parah bangets,..gue nyaksiin sendiri di layar tipi setelah listrik mulai aktif mengalirkan arus kuatnya..
Jogja Macet total...baru kali ini, Jogja seumur-umur ketiban macet total..yah, gimana gak...pada kabur...pada pengen keluar dari Jogja..yang dari atas ke bawah and dari bawah pengen ke atas...semua ngumpul di tengah...Tugu dan bunderan layar lebar jadi korban keganasan masyarakat yang pontang panting cari perlindungan...

Waduh, bingung dengan atas-bawah Jogja yah...?? gue jelasin ya geografi Jogja, simpel kok...Jadi, Jogja itu punya 2 wilayah...atas itu dimulai dari Jakal alias jalan kaliurang sampai gunung merapi s0n0..yang bawah dimulai dari bantul sampe perbatasan pantai..parangtritis gak yah..(yang ini gue gak tw..). Bantul, Wonosari dan sekitarnya yang paling parah..rumah rumah rusak parah, bangunan umum juga hancur...rata dengan tanah...korbannya pun sangat banyak..di tipi, pelaporan korban dimulai dari 39 orang... 74 korban... ratusan.. ribuan..
itu gak Cuma yang luka ringan, berat sampai sekarat plus tinggal jasad..rasa kemanusiaan nongol di saat yang tepat..
ajak kawan seperjuangan..sejawat juga suka relawan yang mau bantu para korban di Bantul dan sekitarnya.. sms sosial berdatangan dari teman teman di luar Jogja.. kami pun mengirim sms menghimbau bantuan dana pada sanak keluarga juga teman-teman..

Gue punya puisi yang dibuat salah seorang pelajar yang peduli bangets ma gempa di Jogja..
“Jerit tangis,rintihan meminta pertolongan terdengar hampir diseluruh Jogjaku tercinta... wajah wajah memelas,memucat tertunduk lemah mengharap segera datang secercah cahaya harapan... banyak orang kehilangan harta benda sanak keluarganya,berjuta nyawa melayang, kembali kepada sang pencipta
kini yang tertinggal hanyalah Trauma san kedukaan yang dalam... pelajaran ini begitu berharga bagi kita semua...
Tuhan menegur kita...agar kita menjadi lebih bersyukur dan senantiasa mengingat DiriNya..ASTAGHFIRULLAH!!!”
@Ria

2 komentar:

-=aMiTa=- mengatakan...

mbaaaa...

gempa jogja bukannya 2tahun yg lalu y??
waahhh..
mba nya lupa ato lupa mba??
:D

-=aMiTa=- mengatakan...

owh..
sudah diganti..
:D